SPONGE CAKE

Sampai sekarang saya sebenarnya masih kurang paham membedakan antara Sponge Cake, Chiffon Cake & Bolu Cake. Sebenarnya apa sih yang membedakannya? atau semuanya itu masuk kriteria kue bolu? Hmmm….. bingung. Jadi… selama ini kalau makan kue jenis itu, saya akan beranggapan ya… sedang makan kue bolu. :grin:

Nah… dari hasil pencarian resep kue bolu, akhirnya saya dapat resep Sponge Cake (dari blognya mba rina "salmaloyang"). Akhirnya saya coba bikin, dan….. berhasil! Kue mengembang, lembut dan enggak bantet! Aiih…. senangnyaaa…

Ini dia hasilnya:

PERCOBAAN PERTAMA:

Sponge Cake-1

.

Sponge Cake-2
.
Begitu kue matang…. pertama yang saya rasakan adalah aroma telur yang sangat menyengat. Mungkin saya kurang banyak kasih vanili, jadi kurang wangi, atau mungkin karena saya masih mblenger dengan aroma telur pada saat pengocokan. Tapi setelah kue dingin, aroma amis telurnya jadi berkurang dan akhirnya yang terasa adalah…. enak, enak, enaaaak! :grin: ( kue gak berumur panjang… langsung ludes).
Dari hasil sukses yang pertama, akhirnya.. kemarin saya coba bikin lagi, dan hasilnya….. tetap sukses doong :grin: juga ada saya tambahkan variasi warna coklat. Ini dia hasilnya:
.
PERCOBAAN KEDUA:
sponge cake-1
.
sponge cake-2
.
sponge cake-3
.
O iya… kalau ada yang mau tau resepnya :
.
SPONGE CAKE
.
BAHAN:
– 200 gr tepung segitiga
– 200 gr gula pasir
– 100 gr mentega
– 8 butir telur (untuk percobaan kedua, saya pakai 7 butir)
– 1 sdm ovalet
– 1 bungkus vanili (saya pakai vanili botol, jadi kira2 saja secukupnya)
– Coklat bubuk Delfi (untuk kombinasi warna kue)
.
CARA MEMBUAT:
– Mentega dicairkan, tapi jangan terlalu panas agar minyaknya tidak keluar.
– Kocok telur + gula, setelah gula larut masukkan ovalet + vanili, naikan mikser sampai kecepatan 3, kocok mengembang sampai kurang lebih 25 menit atau sampai adonan tidak jatuh lagi pada saat dicolek pakai jari.
– Masukan tepung sedikit demi sedikit sambil tetap diaduk dengan kecepatan rendah, kemudian masukan mentega cair, aduk sebentar sampai rata.
– Pisahkan adonan secukupnya untuk dicampur dengan coklat bubuk, setelah tercampur rata dan berwarna coklat, masukan ke dalam plastik segitiga.
– Adonan dituang setengah kedalam loyang panggang yang suda dioleskan tipis mentega sebelumnya.
– Gunting ujung plastik segitiga yang sudah berisi adonan berwarna coklat, kemudian pencet dan tuangkan seperti pada saat kita menghias kue (bentuk motif sesuai selera) diatas loyang yang sudah teisi setengah adonan.
– Kembali masukan setengah adonan yang tersisa sampai habis, kemudian beri kombinasi corak coklat lagi diatasnya.
– Masukan ke dalam oven yang sudah dipanaskan sebelumnya.
– Oven selama kurang lebih 15-20 menit (atau di tes dengan tusukan garpu) apabila pada saat garpu diangkat bersih (tidak ada lagi adonan yang menempel/lengket, berarti kue sudah matang).
.

Leave a Reply

