BELAJAR MENGAJAR

Bagaimana sih rasanya mengajar anak PG & TK? Ternyata….. gak semudah yang dibayangkan. Pagi-pagi begitu mereka sampai sekolah, mereka sudah sibuk dengan permainan-permainan yang ada di sekolah. Begitu sudah waktunya masuk kelas, masih saja ada yang ngambek gak mau masuk kelas. Berbaris sebelum masuk… pasti ada saja yang usil sana. usil sini, belum lagi bergerak suka-suka mereka. Yah…. itulah dunia mereka yang sprtinya gak pernah bisa diam selalu ingin bergerak.

Di kelas, bukan main riuhnya. Ada yang ngusilin teman, ada yang berebut tempat duduk, ada yang tarik-tarik kursi, saling berteriak. Kalau bu gurunya gak cepat cepat bikin permainan atau memberikan tugas, pasti deh semakin kacau.

Pengalaman saya sendiri waktu itu pertama kali diserahkan tugas buat memegang kelas, cuma untuk sementara. Suara sudah kencang berteriak-teriak, tapi mereka tetap saja asik bercanda. Saya coba berikan mereka perhatian ke papan tulis. Sementara saya sedang asik menggambar di white board, begitu saya berbalik… kursi-kursi kecil mereka sudah asik nangkring diatas meja, dan anak-anak asik duduk diatasnya.. ya ampuuunnn!

"Bu guru aku duluan.. bu guru aku mau yang warna biru… bu guru aku mau pipis… bu guru aku mau ambil minum… bu guru aku mau duduknya di depan… bu guru aku dinakalin…" Dan suara-suara teriakan "bu guru" lainnya.

Paling asik kalau sudah masuk ke dalam bentuk kegiatan kelas, mereka sibuk menggambar, menempel, mewarnai dll. Nah…, di sini bu guru bisa sedikit istirahat untuk berteriak-teriak, meskipun itu tak berlangsung lama, karena anak-anak begitu cepat menyelesaikan tugas yang diberikan, begitu tahu temannya sudah ada yang selesai maka yang lain juga akan cepat-cepat selesai.

"Bu guru aku sudah… bu guru sudah… Nah…., mulai lagi deh rame dan pecicilan mereka. Huft!

Itu memang dunia mereka, dunia kecil yang begitu penuh dengan daya imajinasi. Saya kagum dengan anak-anak kecil sprti mereka, yang tidak pernah merasa lelah, selalu gembira dan bersemangat.

Terima kasih teman-teman kecilku… besok kita main petak umpat dan ular naga lagi yah…. :grin:

P72974082

.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s