Bajuku Kimono

Tadinya mau dibikin celana pendek buat santai, sudah cari-cari contekan pola, tapi kok setelah lihat motif bahannya sekali lagi, jadi sayang ya..

Akhirnya teringat saya punya baju model kimono yang modelnya simple dan sepertinya gampang buat ditiru, maksud hati sih biar gak usah bikin pola segala macem. Jadilah, ambil bajunya dari lemari trus tempel diatas bahan. Hehe… saking malesnya bikin pola.

Image

Pola dari baju langsung ditempel ke atas bahan

Kemudian digunting mengikuti alur pola baju, jangan lupa dilebihkan 1-2 cm untuk jahitan.

Image

hati-hati mengguntingnya yaa… jangan sampai bajunya ikut tergunting🙂

Saya lebihkan sekitar 1,5 cm karena nanti jahitannya dibuat stik balik, alias tanpa diobras.

Image

penampakan setelah membentuk pola

Praktis banget, bahkan pada saat itu saya sama sekali tidak membuka lipatan bahannya. jadi.. baju pola langsung ditempel pada bahan ukuran 1m yang masih terlipat, dan kebetulan potongan bahannya langsung pas dengan pola baju diatasnya.

Yang paling susah adalah pada saat membuat kerung (lubang) untuk leher. Belum tau ya? saya sebenarnya tidak ahli menjahit baju. Pernah ikut kursus, tapi tidak lulus di bagian pemasangan kerah dan lengan baju.Haha… sudah keburu menyerah saking tidak sabarannya. Makanya pas bikin baju ini, saya pilih yang tanpa kerah baju dan tanpa ada sambungan tangannya.

Setelah buat lubang leher di bahan… waduh saya bingung. untuk menjahitnya biar rapi bagaimana? masih ingat-ingat sedikit pelajaran waktu kursus dulu, yaitu gunting bahan sedikit untuk sambungan dan lapisan bagian leher (mana bahannya udh mepet banget sisanya). Jadilah sambungan lapisan bagian lehernya pakai potongan sisa bahan seadanya.

Image

nggak tau juga nih, secara tehnik menjahit yang benar, cara ini sudah dibilang benar atau belum. hihi..

Masih urusan lubang leher. Setelah dibuat sambungan dan dijahit, eng.. ing.. eng… baru sadar kalau lingkaran lehernya belum dicoba. Bener aja, pas coba dimasukan ke kepala, ups! gak muat…😦 Terpaksa di gunting ulang supaya lubang lehernya lebih besar (saya tambah gunting sekelilingnya sekitar 1cm.

Akhirnya kali ini urusan lubang leher telah selesai dan sukses muat.

Sekarang tinggal jahit yang gampang-gampang nih… gampang menurut saya adalah, jahitnya lurus dan tidak banyak lipatan.dan sambungan.

Image

karena stik balik (tanpa obras) jadi menjahitnya dari bagian luar terlebih dulu.

Waktu menjahit balik bagian dalam, terutama dibagian ketiak. Karena dibagian itu harus ada lengkungan, maka mau tidak mau harus dibuat sodetan agar supaya pada saat dibalik dibagian ketiaknya tidak mengerut. Saya buat sodetan kemudian tepinya dijahit zigzag supaya bahannya tidak “mbrudul” dan mencegah bahan sobek dibagian ketiak.

Karena jahit zigzag dibagian sodetan ukurannya kecil banget, akhirnya terjadilah yang namanya benang macet. Mesin jahit sama sekali gak bisa digerakkan. benang menggumpal dibahan dan nyangkut di bagian dasar mesin jahit.

Image

tragedi benang kusut

Jadilah bongkar mesin… tapi Alhamdulillah bahannya nggak sobek dan masih bisa lanjut menjahitnya.

Setelah proses menjahit yang penuh perjuangan (haha.. bagi pemula ini adalah suatu perjuangan). Akhirnya… jadilah baju kimono saya🙂

Image

Tara… cantik kan? maksudnya bajunya, ehm.. orangnya juga ding (muji diri sendiri :p)

Seneeng.. banget udah bisa bikin baju sendiri, meskipun sangat sederhana. Digantung dan terus dipandangi.

Sssttt.. suami saya percaya loh waktu dia pulang kerja dan lihat ada baju menggantung, saya bilang itu baju beli online harganya 200rb, trus dia lihat2 katanya “bagus” akhirnya nggak tega juga saya kasih tau kalau itu buatan sendiri. Wah… tambah dapet pujian saya! Makasihh…🙂 Ujung-ujungnya suami saya bilang “Jadi gak usah beliin baju lebaran lagi dong” … Haahh…. gubrak!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s